Tata Tertib Dan Keselamatan Kerja di Dalam Laboratorium Kultur Jaringan

Tuesday 24 March 2009

Tata Tertib Dan Keselamatan Kerja di Dalam Laboratorium Kultur Jaringan


1. Jumlah orang yang di dalam ruangan kultur jaringan usahakan sesedikit mungkin atau yang berkepentiangan saja, usahakan tidak sampai berjubel-jubel.
2. Usahakan ruangan selalu bersih dari barang-barang yang kotor, barang yang kotor usahakan untuk segera dicuci atau dibersihkan.
3. Tidak diperkenankan menyimpan atau melakukan kegiatan makan dan minum di Ruang penabur/ steril dan ruang inkubator
4. Pastikan sebelum meninggalkan ruang inkubator pintu inkubator dalam keadaan tertutup rapat.
5. Semua bahan kimia yang masih baru dan akan dibuka harus diberi label: inisial nama pembuka dan tanggal dibukanya tutup segel tersebut. Begitu juga bila menyimpan larutan kimia atau larutan stok yang baru dibuat, harus diberi label: Nama senyawa, konsentrasi dan tanggal dibuat lalutan.
6. Hati-hati dalam membuang pecahan pipet pastur, peralatan gelas, bekas jarum suntik, sebaiknya diletakkan dalam wadah tersendiri yang aman dari jangkauan orang.
7. Hemacytometer harus dicuci menggunakan alkohol 70% dan dibungkus sebelum disimpan, jangan ditinggalkan disembarang tempat.
8. Usahakan bersihkan tempat kegiatan (meja) dari tumpahan cairan atau serpihan bahan tanam atau media dengan menggunakan alkohol 70% dan jangan meninggalkan meja dalam keadaan kotor, pastikan selesai tepat pada waktunya, sehingga tidak merepotkan orang yang akan bekerja setelah anda.
9. Jangan lupa mengisi buku kerja lab yang telah tersedia di lab. Apa yang telah dikerjakan pada hari, tanggal dan jam tersebut.
10. Jangan menggunakan pipet yang masih tertutup kapas, pastikan kapas dibuka terlebih dahulu sebelum digunakan.
11. Letakan semua peralatan yang telah digunakan dan telah dicuci pada tempatnya bila tidak tahu atau tidak dapat meletakkan pada tempatnya, bertanyalah atau minta tolonglah kepada laboran untuk membantunya.
12. Ruang di dalam kulkas sangat terbatas, aturlah tempat media anda sehingga tidak memenuhi isi kulkas.
13. Usahakan jangan menggunakan larutan stok orang lain tanpa permisi, bila ingin menggunakannya hendaknya bertanya dan minta izin terlebih dahulu.
14. Tekan off laminar air flow setelah selesai kegiatan dan tekan on pada lampu UV setelah meja LAF dibersihkan.
15. Usahakan seminimal mungkin membuka dan menutup ruang incubator.
16. Sebelum bekerja bila menggunakan sarung tangan jangan lupa sarung tangan disemprot menggunakan alcohol 70% atau spiritus. Bila tidak menggunakan sarung tangan maka telapak tangan harus dilap dengan alcohol 70% atau disemprot spiritus terhebih dahulu sebelum bekerja.
17. Pastikan semua peralatan seperti skalpei, pinset, cawan Petri, botol kultur disemprot menggunakan alcohol 70% atau spiritus.
18. Bila kultur terkontaminasi, kuiltur tersebut segera dikeluarkan dari ruang incubator dan tutup aluminium foil tidak diperkenankan dibuka diruang inkubator tersebut.


Pemakaian Alat dan Instrument Lab
Pastikan bila anda tahu cara mengoperasikannya, bila belum tahu tata caranya mintalah bantuan kepada laboran untuk membantu anda.

Penggunaan Timbangan Analitik/mikro
Pintu dorong timbangan pastikan tertutup bila timbangan tidak digunakan.
Setelah menimbang, bersihkan piringan timbangan dan ruangan disekitar piringan dengan menggunakan kuas atau sikat. Jangan pernah membebani piringan jika timbangan tidak digunakan.
Tidak boleh menimbang barang melebihi 100 gram atau kapasitas untuk timbangan mikro.

Penggunaan pH Meter
Letakan pH-meter pada keadaan standby on jika tidak dipakai; jangan ditekan off.
Siramlah electrode dengan aquadest perlahan sebelum digunakan. Siramlah electrode dengan aquadest kembali sesudah digunakan dan letakan pada silinder kembali.
Jangan dibiarkan elektrode diluar larutan pada waktu yang lama.


Ruang stok sangat diperlukan untuk menyimpan larutan stok makronutrien, mikronutrien, senyawa khelat (Fe-EDTA), vitamin dan zat pengatur tumbuh. Pada skala laboratories ruang stok cukup kulkas (refrigerator), freezer, akan tetapi untuk skala industri dibutuhkan ruangan yang lebih besar, sehingga ruang ini berupa kamar yang berukuran sesuai kebutuhan, misalnya berukuran 3 x 3 x 3 m3 .
Untuk meningkatkan efisiensi kerja dalam pelaksanaan kultur jaringan, keperluan dalam tiap tahapan kerja sudah direncanakan terlebih dahulu. Sebelum pekerjaan penanaman baru dan subkultur rutin dilakukan, media tumbuh sudah dipersiapkan minimum 3 hari sebelum diperlukan. Media-media yang dipersiapkan ini harus disimpan di ruang yang dingin dan gelap. Ruang untuk penyimpanan media-media yang disediakan ini disebut ruang stok. Ruang stok harus berhubungan langsung 2 arah, satu arah dengan ruang persiapan dan arah lain dengan ruang transfer. Kebersihan ruangan harus diperhatikan. Tidak ada alat-alat yang diletakkan dalam ruang stok, Hanya perlu rak-rak untuk meletakkan media. Larutan stok yang sudah mengalami pengendapan atau terkontaminasi sebaiknya tidak digunakan lagi dan segera dikeluarkan dari ruang stok supaya tidak memenuhi ruangan.

0 comments:

Get paid To Promote at any Location Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly. target="_blank> Software Iklan Baris Massal Web Hosting Bisnis di Internet

  © Blogger Templates Columnus by Abang Leston 2008

Back to TOP